Nikmatnya Kudapan Puisi Kereta Api Sepanjang Jember – Banyuwangi (Dimuat di Harian Surya, 06 April 2015)




Reportase : Gusti Trisno
Pegiat Komunitas Penulis Muda Situbondo
@gustitrisno
KERETA api Pandanwangi yang menghubungkan Jember dengan Banyuwangi, membawa serta laskar PMK (Puisi Menolak Korupsi) yang digawangi Andre Pituin, Barlean Aji dan Muhammad Lefand. Perjalanan kali itu terasa sungguh berbeda sekaligus istimewa. 
Sebelumnya, Andre, Barlean, dan Lefand, usai mengikuti roadshow PMK ke-36 yang dihajat di Banyuwangi. Semangat roadshow masih memeluk ketiganya.
Ritmis, Pandanwangi terus berlari. Di antara semangat roadshow Banyuwangi yang masih membekas, ketiganya membagikan kudapan puisi kepada sesama penumpang kereta api. Andre Pituin memulai dengan membacakan gubahan penanya ditingkah suara musik tipuan dari hidung.
Barlean Aji, karyawan perguruan tinggi di Jember, ikut menunjukkan kelihaiannya berpuisi. Disusul Muhammad Lefand, sang pemilik buku Jangan Panggil Aku Penyair, ikut menambah keseruan dengan gaya masing-masing.
Aksi ketiga penyair tersebut langsung disambut tepuk tangan meriah penumpang Pandanwangi.
Sembayang Rumputan karya Ahmadun Yosi Herfanda menjadi pilihan saya yang ikut gatal membaca puisi di atas kereta api. Dibantu Zainulloh, rekan seperjuangan di Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  menyuarakan adzan sebagai ilustrasi puisi.   Suasana merinding sempat tercipta.
Penumpang kereta api  langsung menyambut dengan tepuk tangan dan mengabadikan momen kudapan puisi tersebut dari telepon genggam mereka.
Tak ubahnya dengan nyanyian pengamen, membaca puisi di atas kereta pun bisa senikmat ini. Kendati mungkin tidak semua penumpang Pandanwangi berkenan menerima aksi ini.
http://surabaya.tribunnews.com/2016/04/05/nikmatnya-kudapan-puisi-kereta-api-sepanjang-jember-banyuwangi/

Nikmatnya Kudapan Puisi Kereta Api Sepanjang Jember – Banyuwangi (Dimuat di Harian Surya, 06 April 2015) Nikmatnya Kudapan Puisi Kereta Api Sepanjang Jember – Banyuwangi (Dimuat di Harian Surya, 06 April 2015) Reviewed by Dunia Trisno on 5:55:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.