Pembelajaran Teks Eksposisi Menggunakan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas X SMA



BAB I. PENDAHULUAN

Strategi belajar mengajar merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa (Gerlach dan Ely). Sedangkan menurut Dick dan Carey berpendapat bahwa strategi belajar mengajar tidak hanya terbatas prosedur kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pengajarannya. Strategi belajar mengajar terdiri atas semua komponen meteri pengajaran dan prosedur yang akan digunakan untuk membantu siswa mencapai tujuan pengajaran tertentu. Gropper mengatakan bahwa strategi belajar mengajar merupakan pemiliha jenis latihan tertentu yang cocok dengan tujuan yang akan dicapai. Gropper juga mengatakan bahwa perlu adanya kaitan antara strategi belajar mengajar dengan tujuan pengajaran, agar diperoleh langkah-langkah kegiatan belajar-mengajar yang efektif dan efisien. Ia mengatakan bahwa strategi belajar mengajar ialah suatu rencana untuk pencapaian tujuan belajar mengajar. Strategi belajar mengajar terdiri dari metode dan teknik.
Metode menurut Winarno Surakhmad adalah cara yang di dalam fungsinya merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan. Hal ini berlaku baik bagi guru (metode mengajar) maupun bagi siswa (metode belajar). Makin baik metode yang dipakai, makin efektif pula pencapaian tujuan. Pada pembahasan kali ini akan menjelaskan mengenai metode inquiry


3.1 Penerapan Metode Inquiry dalam Pembelajaran Teks Eksposisi di SMA Kelas X
         
          Pada pembahasan ini pemakalah membatasi pembelajaran teks eksposisi dengan menggunakan KD 3.1 dan KD. 4.1. Di mana KD tersebut memiliki indikator sebagai berikut: (1) menemukan  struktur isi teks ekposisi, (2) menemukan ciri bahasa teks eksposisi, (3) Menjelaskan istilah yang terdapat dalam teks eksposisi, (4) Menjawab pertanyaan terkait dengan isi teks eksposisi.
3.1.1        Penerapan Metode Inquiry KD 3. 1 Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan.
1.                   Orientasi
Pada tahap awal pembelajaran, guru menyampaikan KD dan Indikator secara runtut, agar siswa mengerti materi yang akan diajarkan. Kemudian, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk memancing siswa terkait materi yang diajarkan pertemuan sebelumnya yang memiliki hubungan dengan materi. Pada tahap ini guru mengamati respon (tanggapan) siswa terhadap materi eksposisi.
2.                   Perumusan masalah
Pada tahap ini guru memberikan contoh teks eksposisi, setelah itu guru mengupayakan adanya interaksi dengan siswa terkait dengan jenis eksposisi yang dicontohkan, lalu guru memberikan penjelasan mengenai adanya beberapa jenis teks eksposisi. Setelah siswa paham, siswa mengamati salah satu contoh teks eksposisi.
Setelah mengamati salah satu contoh teks eksposisi, siswa merumuskan apa yang dimaksud dengan struktur isi teks eksposisi. Strukur isi teks eksposisi pada tahap ini merupakan masalah yang dirumuskan dan diidentifikasi bersama.
3.                   Perumusan hipotesis
Langkah selanjutnya adalah siswa menemukan jawaban sementara mengenai pengertian teks eksposis beserta struktur isi eksposisi. Jawaban tersebut termasuk hipotesis atau jawaban sementara. Selanjutnya, guru merancang beberapa eksperimen dengan mengumpulkan data untuk melakukan pengujian hipotesis dengan pembentukan kelompok 3-5 siswa.
4.                   Pengumpulan data
Siswa yang telah digabung ke dalam beberapa kelompok di kelas melakukan pencarian dan penemuan atas data-data mengenai permasalahan teks eksposisi, struktur isi teks eksposisi, dan ciri kebahasaannya. Pada tahap ini siswa dituntut untuk mampu berpikir kritis dan analisis.
5.                   Pengujian hipotesis
Pada tahap ini perwakilan siswa dari masing-masing kelompok yang telah dibentuk guru mengeksplorasi temuan data yang telah diperolehnya, meliputi pengertian teks eksposisi, struktur bahasa teks eksposisi, dan ciri bahasa teks eksposisi.
Selanjutnya,  siswa mendiskusikan dari perwakilan kelompok yang telah mengemukakan konsep dan teorinya. Lalu, membandingkan dengan rumusan hipotesis awal. Setelah itu, siswa menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi eksposisi (tesis argumentasi, penegasan pendapat ulang pendapat) dan ciri bahasanya.
6.                   Penarikan kesimpulan
Setelah siswa berdiskusi mengenai jawaban atau konsep dari permasalahan, penarikan kesimpulan bersama-sama dilakukan dengan guru mengenai kebenaran konsep permasalahan secara ilmiah.
Pada tahap ini siswa bersama guru menyimpulkan konsep dari permasalahan. Selain itu, siswa memberikan refleksi atas kegiatan yang sudah dilakukan. Kemudian, siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru terkait rencana tindak lanjut.
3.1.2        Penerapan Metode Inquiry KD 4.1 Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
1.      Orientasi
Pada langkah orientasi siswa menerima informasi mengenai kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing siswa dalam mengumpulkan informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Keterlibatan siswa pada tahap ini bisa dilihat dari respon positif yang dikemukakan juga pengungkapan akan ide awal. 
2.      Perumusan masalah
Siswa disuruh membaca contoh teks eksposisi yang disediakan guru, kemudian siswa lainnya mulai menjelaskan makna dan istilah teks eksposisi atas contoh teks eksposisi tersebut. Berdasar contoh teks eksposisi yang telah dibacakan siswa telah terlibat aktif dengan melakukan pengamatan, kemudian perumusan masalah, dan identifikasi masalah yang ada. 
3.      Perumusan hipotesis
Langkah selanjutnya adalah merumuskan hipotesis atau jawaban sementara dari permasalahan yang telah dirumuskan untuk selanjutnya merancang beberapa eksperimen dan mengumpulkan data untuk melakukan pengujian hipotesis.
Setelah semua data terkumpul dan siswa telah merumuskan hipotesis, maka selanjutnya guru memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan data dan hipotesis teks eksposisi yang siswa rumuskan.
4.      Pengumpulan data
Siswa mengumpulkan data terkait dengan permasalahan yang diberikan guru mengenai makna kata, istilah, isi teks eksposisi. Pada tahap ini siswa dituntut untuk berpikir kritis dan analitis dalam mengumpulkan data-data. Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi.
5.      Pengujian hipotesis
Setelah merumuskan hipotesis dan mengumpulkan data, guru mengajak siswa untuk mempresentasikan mengenai makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi yang telah ditemukan. Pada tahap ini siswa melakukan diskusi, membandingkan rumusan hipotes yang diperoleh dari data masing-masing, kemudian menyimpulkan hasil data yang telah dikemukakan siswa lainnya.
6.      Penarikan kesimpulan
Setelah siswa berdiskusi mengenai jawaban atau konsep dari permasalahan, penarikan kesimpulan bersama-sama dilakukan dengan guru mengenai kebenaran konsep permasalahan secara ilmiah.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran akan materi yang telah dipelajari, kemudian melakukan tindakan refleksi, serta guru mengungkapkan kebenaran konsep permasalahan pelajaran dan rencana tindak lanjut pembelajaran.



BAB IV. PENUTUP


4.1 Kesimpulan
          Implementasi metode inqiury dalam makalah ini sesuai dengan pendekatan saintifek yang digunakan pada kurikulum 2013. Hal ini dikarenakan pada tahap-tahap metode inquiry meliputi orientasi, perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan sesuai dengan kegiatan pembelajaran pada kurikulum 2013 yang memuat berbagai kegiatan meliputi: mengamati, menanya, mengeskplor, mencoba, dan mengomunikasikan.
            Contoh penggunaan metode inquiry pada makalah ini meliputi materi teks eksposisi yang dibatasi pada KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan dan 4.1Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
         







Daftar Pustaka


Pembelajaran Teks Eksposisi Menggunakan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas X SMA Pembelajaran Teks Eksposisi Menggunakan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas X SMA Reviewed by Dunia Trisno on 7:49:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.