Selasa, 19 Februari 2013

Laporan Pembuatan WINGKO



Bab 1 Pendahuluan
1.1  LATAR BELAKANG

 Kue wingko babat adalah makanan khas daerah yang cukup populer di masyarakat. Hal ini disebabkan rasanya yang nikmat berselera. Resep membuat wingko babat dapat menjadi pilihan tepat untuk membuat kue berbahan dasar kelapa.

1.2 TUJUAN
Untuk memperluas pengetahuan tentang dunia usaha , dengan bahan –bahan yang ada di sekitar kita .
Bab 2 Tinjauan Pustaka
Wingko atau sering disebut juga Wingko babat adalah makanan tradisional khas Indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di pantai utara pulau Jawa. Kue ini sering dijual di stasiun kereta api, stasiun bus atau juga di toko-toko kue. Di pulau Jawa, Wingko juga sering menjadi oleh-oleh untuk keluarga, yang menjadikan kue ini terkenal.
Wingko biasanya berbentuk bundar dan agak keras serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.
Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat terletak di dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayunya dan karena baru saja ditemukan sumber minyak di daerah ini.
Di Babat, yang merupakan kota kecil dibandingkan dengan Semarang, Wingko memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah ini. Ada banyak perusahaan penghasil wingko yang memperkerjakan banyak orang. Kelapa yang digunakan untuk bahan wingko ini diambil dari daerah-daerah sekitar tempat ini.
Saat ini wingko adalah makanan yang terkenal di Babat dan Semarang dengan berbeda merek dan besar yang dijual. Banyak Wingko yang saat ini masih menggunakan nama Tionghoa.
Bab 3 Hasil Praktik
Jenis WIngko
Rasa
kemasan
Harga
Kel 1 kecil
Manis , asin sedikit
Dg mika
Rp. 1.500
Kel 2 sedang
Manis , gurih
Dg mika
Rp. 1.500
Kel 3 besar
Manis , gurih
Dg Plastik
Rp. 1.500
Kel 4 sedang tipis
Manis , asin sedikit
Dg Plastik
Rp. 1.500

Bab 4 Pembahasan
Resep Wingko Rasa Original
 Bahan  :
Tepung Ketan, 250 gram
 Kelapa sedang, 2 butir, parut memanjang
 Gula pasir, 175 gram
 Garam, secukupnya
 Vanili bubuk
 Air hangat, 100 ml
 Margarin secukupnya, untuk olesan
Cara membuat Wingko
Campur kelapa, gula, garam, vanili, dan air hangat hingga rata. Uleni hingga gula larut.
 Tambahkan tepung ketan sambil terus diaduk hingga rata.
 Panaskan cetakan kue lumpur atau pan dadar anti lengket. Olesi cetakan dengan margarin.
 Tuang adonan wingko secukupnya, masak di atas api kecil hingga matang dan kecokelatan sambil sesekali dibalik, angkat. Sajikan.
Bab 5 Penutup
5.1 Kesimpulan
            Dari hasil praktek dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa wingko sangat enak untuk di nikmati dan juga mudah cara membuatnya
5.2 Saran
            Disarankan agar memasak dengan api kecil agar wingko tidak terlalu gosong  , menggunakan alat seng , dan mengoleskan margarine pada tempat percetakan wingko biar tidak lengket
Daftar Pustaka
http://umiabie.blogspot.com/2012/01/resep-membuat-wingko-babat.html

0 komentar:

Poskan Komentar